Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 SD Halaman 49 50 51 Tematik Subtema 1 Pembelajaran 6: Kewajiban dan Hak

Inilah soal dan kunci jawaban buku tematik tema 6 untuk kelas 3 SD/MI subtema 1 pembelajaran 6 halaman 49, 50, dan 51. Sejumlah soal ada dalam buku Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 6 Kelas 3 SD Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Soal yang muncul di antaranya adalah Diskusikan hak yang sesuai dengan kewajiban, misal mematikan keran air jika tidak dipakai.

Soal lainnya adalah tentukan lamanya kegiatan. Menginjak tema 6, siswa kelas 3 SD/MI akan belajar buku tematik yang berjudul Energi dan Perubahannya. Ada empat subtema dalam buku tematik 6 kelas 3 SD.

Pada subtema 1, siswa kelas 3 SD akan belajar mengenai Sumber Energi. Ada beberapa pembelajaran dan yang bisa dikerjakan siswa kelas 3 SD/MI dalam buku tematik 6 subtema 1. Guru menjelaskan pentingnya melestarikan sumber energi. Setelah mendengar penjelasan guru, Siti memahami. Kini Siti menyadari kewajiban menghemat energi.

Siti tidak lagi membiarkan keran air terbuka setelah selesai dipakai. Siti tidak lagi menghambur hamburkan air saat mandi. Siti juga mulai membiasakan diri mematikan lampu yang tidak diperlukan. Siti telah melaksanakan kewajibannya di rumah. Orang tuanya memberikan hak untuk memanfaatkan energi. Berikut ini contoh hak yang diperoleh Siti.

1. Mendapatkan makanan dan minuman sebagai sumber energi. 2. Menggunakan lampu saat belajar. 3. Menyalakan kipas angin saat kepanasan.

4. Menyalakan televisi untuk hiburan. Kita boleh menuntut hak setelah melaksanakan kewajiban. Jadi kewajiban harus didahulukan daripada hak. Hak dan kewajiban harus dilaksanakan secara seimbang. Carilah teman untuk diskusi!

Diskusikan hak yang sesuai dengan kewajiban yang tertulis pada tabel berikut! Kerjakan di buku tugasmu! Jawaban:

Kalian telah diskusi dengan teman untuk melengkapi tabel di atas. Sekarang buatlah sebuah tulisan tentang sumber energi yang telah kamu pelajari. Kamu dapat menulis tentang matahari, air, angin, atau makanan. Semakin lengkap informasimu semakin baik. Kerjakan di buku tugasmu! Energi surya adalah energi yang berupa sinar dan panas dari matahari. Energi ini dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik dan fotosintesis pada tumbuhan.

Matahari mempunyai fungsi dan manfaat yang sangat penting bagi bumi. Energi pancaran matahari telah membuat bumi tetap hangat bagi kehidupan, membuat udara dan air di bumi bersirkulasi, dan banyak hal lainnya. Matahari juga merupakan sumber energi terbesar di bumi. Tanpa matahari, sulit dibayangkan bagaimana kehidupan di bumi. Berkat adanya sinar matahari, dunia ini menjadi hidup karena sinar matahari memberikan energi pada semua makhluk bumi. Sumber energi matahari sudah dimanfaatkan sejak dahulu. Panas Matahari biasa digunakan untuk mengeringkan cucian, mengeringkan hasil bumi, mengeringkan air laut agar menghasilkan kristal kristal garam, dan lainnya.

Bahkan kini, energi matahari juga bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Untuk mendapatkan manfaat ini, maka pelat pelat logam biasanya akan diletakkan di atas gedung yang memanfaatkan energi matahari sebagai sumber listrik. Pelat pelat ini kemudian menyerap panas dari matahari. Dengan berbagai teknologi, panas matahari akan diubah menjadi listrik. Panas matahari bisa digunakan secara langsung, maupun disimpan dengan cara dipindahkan ke media lain. Penyimpanan panas ini akan digunakan pada malam hari untuk keperluan listrik pada rumah atau gedung itu.

Setiap kegiatan membutuhkan waktu. Dari satu kegiatan ke kegiatan lain. Tentukan lamanya kegiatan berikut! Jawaban:

Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.