Ada Dua Kriteria Pandemi Covid-19 Bisa Dicabut

Kehadiran sub varian BA.2 daei Omicron perlu ditanggapi dengan kewaspadaan. Hal ini disampaikan oleh Pakar Epidemiologi Griffith University, Dicky Budiman. Bahkan Dicky pun mengatakan situasi saat ini di Hongkong memperlihatkan jika sub varian ini bisa menyebabkan kematian. Terutama bagu kelompok yang belum divaksinasi.

"Sekali lagi, ketika pandemi ini belum keluar dari fase akut, kita harus sangat berhati hati dalam pelonggaran, harus terukur," tegas Dicky. Kemudian ia pun mengatakan masyarakat harus disiplin dan jangan eforia dengan berita baik. Menurutnya, situasi saat ini cukup berisiko jika masyarakat malah abai.

Vaksinasi menurutnya jadi syarat mutlak agar status pandemi bisa dicabut. Selain juga covid=19 tidak lagi menjadi penyakit yang dominan. "Bahwa status pandemi bisa diakhiri, nanti. Setidaknya 70 persen total jumah penduduk dunia itu sudah dua kali divaksin Covid 19. Itu lumayan modalnya selain Covid 19 sudah tidak jadi dominan sebagai penyakit," papar Dicky. Dua kriteria itu penting untuk melihat apakah pandemi bisa dicabut atau tidak. Namun menurutnya jika melihat situasi saat ini pandemi belum bisa dicabut.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.