Itinerary 2 Hari 1 Malam Liburan ke Surabaya, Cek Tempat Wisata hingga Kuliner yang Wajib Dicoba

Kota Surabaya menjadi destinasi pilihan yang menarik dikunjungi oleh para wisatawan. Apalagi di kota pahlawan ini banyak menyimpan situs situs bersejarah, Tidak hanya itu kuliner khas Surabaya juga tak boleh ketinggalan untuk dicoba.

Jika kamu dari Jakarta, bisa mencoba moda transportasi dengan kereta api. Pesan secara online supaya lebih praktis dan tak perlu antre. Termasuk kamu bisa pesan ke Surabaya lewat Tokopedia.

Dari Stasiun Pasar Senen, kamu bisa memilih keberangkatan sore hari. Untuk tujuan pilih dengan estimasi waktu perjalanan 10 sampai 11 jam. Setibanya di Surabaya, siap siap membuat list tempat wisata dan kuliner apa saja yang harus dicoba.

Tiba di Surabaya pagi hari, sempatkan waktu untuk membersihkan diri dan beristirahat di stasiun. Kalau hotel tujuanmu tidak bisa early check in, setidaknya titipkan barang barang di resepsionis. Lanjut, kamu berburu kuliner untuk sarapan di Surabaya.

Rekomendasi menu sarapan dekat Stasiun Surabaya Pasar Turi yakni Lontong Balap Pak Gendut. Lokasinya berada di Jalan Kranggan Nomor 71, Sawahan, Surabaya. Tempat makan ini buka mulai pukul 09.30 19.00 WIB.

Kamu bisa mencoba kuliner sarapan khas Surabaya berbumbu petis. Dalam penyajiannya terdapat isian taoge dan irisan tahu goreng yang mengenyangkan. Tambah juga dengan sate kerang agar lebih nikmat.

Setelah sarapan, lanjutkan perjalanan menjelajah Kota Surabaya dengan mengunjungi wisata sejarahnya. Satu di antaranya yakni datang ke Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember. Museum ini mulai beroperasi pada pukul 08.00 WIB.

Lokasinya berada di Jalan Pahlawan, Alun alun Contong Bubutan. Monumen Tugu Pahlawan merupakan wujud penghormatan kepada pejuang khususnya di Surabaya, yang meninggal demi bertaruh nyawa untuk kemerdekaan Indonesia. Sementara di Museum Sepuluh Nopember kamu bisa menyaksikan diorama mengenai sejarah Surabaya.

Rekomendasi tempat wisata berikutnya yakni The House of Sampoerna. Diketahui, gedung tersebut berdiri sejak tahun 1862. Untuk menjelajah museum, kamu bisa naik Surabaya Heritage Track. Bus pariwisata milik HoS yang siap mengajakmu keliling Kota Tua Surabaya.

Tempat wisata bersejarah berikutnya di Surabaya yakni, Hotel Majapahit. Lokasinya berada di Jalan Tunjungan Nomor 65. Genteng ini menjadi saksi bisu peristiwa perobekan bendera Belanda.

Tur keliling Hotel Majapahit, kamu akan melihat kemegahan Presidential Suite 2 lantai seluas kurang lebih 800 meter persegi. Mampir pula ke Merdeka Room, kamar bersejarah dulunya dipakai sebagai pusat komando tentara Belanda. Lelah berjalan jalan seharian di Surabaya, nikmati sajian makan malam Sate Klopo Ondomohen Bu Asih.

Lokasi tempat makan ini berada di Jalan Walikota Mustajab Nomor 36, Ketabang, Kecamatan Genteng. Kamu bisa pilih sate daging sapi atau daging ayam sesuai selera. Sate ini disajikan dengan dibalut kelapa sebelum dibakar.

Lalu ada taburan serundeng kelapa ketika dihidangkan. Hari kedua di surabaya dimulai dengan menu sarapan Nasi Cumi Pasar Atom. Lokasinya berada di Jalan Waspada Nomor 2 4, Bongkaran, Kecamatan Pabean Cantian.

Beragam pilihan menu nasi cumi dengan tambahan lauk bisa kamu pilih. Setelah sarapan, lanjutkan perjalanan menuju destinasi Jembatan Merah. Jembatan ini dulunya menjadi penghubung menuju Gedung Keresidenan Surabaya.

Sekaligus menjadi saksi bisu perjalanan Surabaya dari zaman kolonialisme Belanda. Berikutnya, dari Jembatan Merah kamu cukup berjalan kaki menuju Jalan Panggung. Kamu akan menemui beberapa toko toko lawas dan bangunan bergaya Belanda.

Tempat ini menjadi destinasi yang cocok untuk kamu yang ingin mencari spot instagenic warna warni. Penjelajahan bisa berlanjut ke destinasi Jalan Gula. Sedikit berbeda dengan Jalan Panggung, di sana kamu akan menemui bangunan lawas yang sudah tidak terpakai.

Konon bangunan di kawasan ini dulunya bekas pabrik tembakau milik pengusaha Belanda. Cocok bagi kamu yang mencari spot foto bernuansa vintage. Puas menjelajah Surabaya, ditutup dengan makan malam dengan menu Rawon.

Rekomendasi tempat makan yang wajib kamu coba, yakni Rawon Kalkulator. Lokasinya berada di Sentra PKL Taman Bungkul, Jalan Raya Darmo, Kecamatan Wonokromo. Tempat makan ini buka mulai dari pukul 11.00 WIB hingga 03.00 WIB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.